SMP KEJUJURAN

Kalu kita omong masa smp ni ya…pasti pengennya nostalgia aja…elu pada mungkin punya cerita ndiri-ndiri pas waktu smp…ada yang pastinya lucu…cupu…seneng ato malah sedih…

Bagi gua…masa smp itu masa dimana gua baru tahu kalo dunia itu gag Cuma seluas kampong di RT gua…haha…gimana kagak…gua kagak tahu kemana-mana nih…idupnya cuman di rumah emak bapak gua, kalo kagak gitu ya di rumah tetangga samping kanan gua yang namanya mas dayu (aduh apa kabar mas yang dulunya dipanggil nobita???) yang aktivitasnya pasti kagak nglakuin ape-ape kecuali nge game, mulai dari jaman spica, sega sampe super Nintendo (juadul pol…kagak ada computer dulu)…kalo kagak gitu ya maen gobak sodor ato maen bola di jalanan ame emas gua n cecunguk2 di kampung…

Otomatis nih...gua yang masih ingusan ntu kagak pernah ngrasain yang namanye naek angkot…ato kendaraan lainnye…kecuali pas lebaran doank…itu juga ampe muntah2 kagak karuan…

Masa smp ntu masa pertama gua buat keluar sampe naek angkot sendirian…untung smp gua jaraknya kagak jauh2 amat…bias jalan se, tapi ampe gempor coz sejam setengahan baru nyampe rumah…

Buanyak cerita lucu yang masih lengket di neuron2 otak gua pas masa itu…pernah ni ye…pas kelas 1 smp gua dah belajar ngadalin emak gua (waduh..maklum anak kecil, hehe)…kecanduan ama apa ntu Playstation, gua pernah nilep uang sekolah cuman buat nge game…masyaAllah deh…tiap pagiii gua telat gara-gara kudu melamtiaskan hasrat untuk nge game ke rental dulu…maennya kagak tanggung-tanggung…sering gua make semua duit saku gua cuman buat nge game dua-tiga jam…alhasil kagak ada jatah buat naek angkot…so, gua pulangnya mesti ngglesot pake kaki…hahaha…sering ketauan temen and ditanya kenapa??namanya anak kecil yang pinter bo’ong…ya gua nyalahin bapak gua…gua bilang uang saku gua kagak cukup buat naek angkot…alhasil gua pasti dibonceng ame tu bapak temen gua…sambil iba gitu…wakakaka…ampun pak e…sampe akhir kelas 1 smp kelakuan gua kagak berubah… hingga akhirnya gua ngalamin hal yang cukup membuat gua kapok and nyadar…

Suatu ketika nih…gua nilep uang spp gua…uang spp yang dikasih ke gua, kagak gua bayarin ke guru ampe 3 bulan!!tapi gua buat nge game doank…ame jajan…maklum smp tempat gua sekolah ntu smpnya orang kaya-kaya, kata orang, smp gua smp unggulan nomor 1 di kota malang…makanya temen-temen disana punya gaya jajan yang high level gitu…gua jadi ketularan…yang dulunya cuman ketagihan bakso ama es teh…eeeh…waktu itu jadi ketularan suka beli roti bakar and siomay deh…ditambah kebiasaan baru…nge game ampe malem and pulangnya ngemil tahu brontak segede tangan pak joko (satpam di FK UB hehe) sambil jalan (biar waktu sampe rumah dah abis tu tahu…kagak ada yang curiga deh…astagfirulloh…hehe)…gua masih inget jelas…waktu itu gua kelas satu smp…menjelang piala dunia, gua mau naek ke kelas 2…nilai rapor gua alhamdulilah masih bisa bersaing ama anak-anak unggulan di kelas meski terjerembab ampir di juru kunci…tapi bukannye tenang tapi gua malah kepikiran…akibat selembar surat panggilan orang tua gara-gara gua kagak bayar spp ampe 3 bulan yang tersalip di tas merah gua…

Gelisah ati gua…pengen nangis…menyesal coz gua nyelewengin uang sebanyak itu buat PS an (300 ribuan…waktu itu banyak jumlah segitu…ampir 10 taun yang lalu…)…gua kagak tahu gimana cara ngebalikinnya…emak gua kagak tahu…bapak apalagi…tapi emas gua kayaknya mulai curiga…soalnya sering liat gua jajan mahal padahal dia tahu uang jajan gua kagag segede itu…

Singkat cerita gua kagak bisa ngebalikin ntu duit…esoknya pas waktu pengambilan rapor…surat panggilan yang dulunya gua dapet, belum juga gua kasih ke emak gua…sebelum berangkat, emak gua sempet nyuci pakaian adik gua, nah gua waktu itu dah mau ngasiin tu surat sambil sembah sujud kalo gua udah ngutil uang spp…and minta ampun soalnya dah jadi koruptor cilik…tapi Allah bilang beda…tanpa sepengetahuan gua, emak gua dah berangkat…waktu itu kagak ada hape, jadi gua gag bisa kasih tahu emak gua…gua yakin emak gua kagak bawa uang sebanyak itu…

Hari itu emak gua ke 4 sekolah yang berbeda…paginya emak gua ke SMA emas gua yang pertama…selang satu jam, emak transit ke SMA emas gua satunya…pas rada siangan emak baru nelat ke SMP gua…untung jaraknya deket, coz SMA emas gua yang kedua ama SMP gua satu komplek di pusat kota…

Bagi gua, hari itu merupakan hari yang super mendebarkan…gua tahu entar malem bapak gua pasti bakal marah gila-gilaan ama gua…bapak pasti mualu punya anak yang masih kecil dah pinter ngadal…emas-emas gua aja kagak ada yang kayak gitu…dah gua siapin ni mental and fisik nih…coz ayah kalu dah murka ni, namanya gagang sapu bisa nyium-nyium badan gua tanpa ampun Cuma karena perintah tangan ayah gua (haha)…DIHAJAR NIH PASTI GUA!!

Jam 11 emak pulang…bukan teriakan menggelegar yang gua dengar begitu pintu dibuka…tapi isak tangis emak gua…BUSHETT DAH!!EMAK GUA NANGIS GARA-GARA KELAKUAN GUA…bingung gua waktu itu…mau minta maaf tapi gua kagak bisa…gua cuman bisa diem…dalem ati ni, kalu gua mau ditampar ya gua eklas dah…emak kagak langsung ke kamar gua…tapi muasin nangis dulu sambil nglanjutin cuciannya…dulu emak kalo marah biasanya malah nglakuin kerjaan-kerjaan rumah…selesai nyuci, emak ngelontarin pertanyaan-pertanyaan yang memiriskan hati gua…bukan ngegamparin gua kayak di TV-TV…emak gua Cuma membombardir gua dengan pertanyaan-pertanyaan retoris…sebagai keluarga beranak banyak, bayar sekolah merupakan hal yang cukup membuat gelisah hati emak bapak gua…uang yang ada kudu dibagi-bagi supaya cukup buat bayar sekola keempat anaknya yang deadlinenya bareng…

Tapi, usaha emak bapak gua malah gua buat foya-foya…terlebih lagi…sikap TIDAK JUJUR yang gua lakuin itu…itu yang buat emak gua nangis mulai dari gerbang perumahan ampe di rumah…gua nyesel…dalam ati gua mending gua dihajar sampe babak belur tapi besoknya gua dah bebas dari masalah itu daripada kayak gini…belum sempet gua bilang apa-apa…emak dah liat jam terus keluar rumah lagi buat ngambil rapor adik gua yang waktu itu masih TK…

Malemnya…sepulang bapak gua dari kerjanya di Surabaya, gua dah siap-siap nih bakal dibantai…tapi sampe paginya…ayah masih juga kagak dikasih tau ama emak …emak tau, ngasih tau ayah gua saat itu bakal nimbulin kekacauan…emak mungkin juga kagak tega liat gua ditabokin bapak gua…kasus ini tetep gag ada bunyinya sampe beberapa bulan berikutnya…emak akhirnya kasih tau ayah gua…gua kagak di apa-apain kecuali dimarahi sebentar…emak bapak gua sangat kecewa…tapi mereka masih masrahin tu duit spp ke gua…emak khususnya…bapak dah kagak percaya…tapi diam-diam emak masih ngasihin tu duit ke gua…emak masih pengen percaya lagi ke gua… emak pengen supaya guru-guru gua kagak curiga ato tahu kalu gua itu koruptor cilik… emak tahu gua pasti berubah…

Begitulah…Peristiwa ini jadi pelajaran hidup gua yang sangat berharga…gua sanggup nebus uang itu…tapi wajah tangis emak gua itu kagak mungkin bisa gua tebus sampe kapan pun…sejak saat itu gua rada trauma kalu makan tahu brontak…nge game PS pagi-pagi pas waktunya orang pada berangkat sekolah…ato megang duit gede yang bukan duit gua…

Obsesi gua buat jadi anak yang paling dulu nyenengin orang tua mesti semakin kuat begitu nginget ni kejadian…gitu juga obsesi gua buat jadi orang yang selalu bisa dipegang omongannya...semoga kesampaian semuanya dah…

….

KEJUJURAN itu sangat berharga sampe kapan pun…KEJUJURAN itu akan selalu menjadi harta karun yang terus dirindukan oleh semua orang…KEJUJURAN itu layak menjadi obsesi dan cita-cita…KEJUJURAN itu….

Melancholic Phase

Penulis adalah mahasiswa NERS FKUB yang NATO “Not Afraid Talk Optimistic”

IKATLAH MAKNA DENGAN CERITA

0 komentar:

Posting Komentar