The Art Of Fullfilling Promise

Seni menepati janji...hoho..mungkin sedikit aneh...biasanye seni itu seperti the art of war dll...tapi the art of fullfilling promise sepertinya juga gag kalah kerennya...

Dari dulu...gua nyaadarin kalu rata2 aktivis itu, kalu bikin janji...bueh...luar biasa...tapi pas bilang gag jadi...bueh...luar biasa nggampanginnya...(termasuk gua..haha)

namun ada sebuah peristiwa dan pengalaman gua (pengen pake bahasa jakarte..) di semester lima...pengalaman ketika gua lagi ngicip kerasnya nyari duit kagak pake modal apa-apa kecuali ni mulut yang suka bicara...disitu gua dapet tu pemahaman kalu janji itu bener-bener utang bro...waktu itu gua ngejual jaket by order tu...gua dah ngomong ke khalayak rame tu...kalu produk gua murah, bagus plus andalan gua ni...transaksinya gampang...kagak usah depe...kagak ribet mah pokoknye...tu jaket gua pesen dari rumah produksi kenalan gua...gua kerja cuma nembusin tender2 doank...nggacor doank...kagak pake duit...tapi untungnya gedhe...buat gua waktu itu...

tapi suatu ketika ni...pas gua dah sukses ngepromosiin ni barang and nembus tender2 di kampus...ya elaa...kagak ada yang tepat omongannye... pesenan pertama bordirannya kurang...tapi emang murah se...yang kedua ukurannya kegedean...yang ketiga jadinya lamaaaa...yang keempat sablonannya tu ketelen aer...padahal janjinye rumah produksi...tu sablon kagak bakal ilang meski kecuci ampe mampus...

tengsin lumayan gua...pesenan yang paling parah ni yang terakhir...udah mahal...jelek...ukurannya kekecilan lagi...masya Allah...malu gua...rada dongkol juga sama tu rumah produksi...kebanyakan alesan!!kain naik lah...ketlisutlah...desainnya sulitlah...ampe bisa mringis doank gua dibo'ongin terus...mana produk keluarannya gua stempel pake merek gua lagi...PRINGGADITY...ampuun dahhh...

satu pelajaran yang gua dapet...kalo kita omong...jangan ngasal!!kalo mau ngejanjiin sesuatu sama orang lain...jangan kabur...jangan kebanyakan alesan!!butuh 1000 usaha untuk ngedapetin kepercayaan orang...tapi cuma butuh sekali dua kali alesan ingkar janji buat bikin orang lain kagak simpati lagi ame kita...ITU...sejak saat itu gua nyoba ngerubah kebiasaan mangkir dari janji gara2 alesan sepele...

tapi namanya belajar ni ye...pasti gag langsung bisa tu...bahkan ampe sekarang ni...masih kagak 100% bisa...tapi ni niat ye...udah semangat 45!!banyak godaanye tu..dari males...kebiasaan nan mendarah daging, ampe celoteh orang2 yang nganggep gua sok sokan...yang paling tragis tuh...masih banyak yang gag ngehargain usaha gua buat nepatin janji...stempel nya masi sama tu...dari anak kelas kuliah gua sendiri lagi...noh tu!!sakit ati kagak...SAKIT BRO...

Tapi ibarat masak telur ye..pemahaman gua tentang "the art of fullfilling promise"
dulu masih kayak telur setengah mateng...gua masih naif...gua mikirnya kalu kita sudah usaha, belum bisa 100% bisa nepatin...ya orang yang terzolimi tu kudu maklum...coz gua kan masih belajar...hehe

Singkat cerita ni...gua punya cerita singkat...(loh???mbulet)...gu demen aem anak nih...gara-gara gua pengen kayak ikhwah2 yang nikah muda...gua pengen kayak gitu tu...tapi gua kagak ngarti careneye...ta'aruf gag sanggup...pacaran?waduh udah diigodog lingkungan supaya "jangan"...akirnye gua ambil jalan tengah..tetep ndeketin pake gaya pacaran...tapi aktivitasnya dibatesin dan jelas ada KOMITMEN NIAT nikahin tu anak...ada beberapa yang gua deketin...masih belajar se...singkat cerita gua sreg sama satu anak nih...dan suatu kali gua ngerasa bikin salah tu (bolak balik bikin salah tepatnya...) sama cewek yang gua demen banget itu bro...mencla mencle bro gua...kemarin bilang A sekarang bilang B...kayak kagak tau malu gitu gua...kalu dah bikin salah ni bro...sukanya gua bilang "kan gua masih belajar..."...NAH LO...naif banget kagak tu...gua kagak terlalu mikir, gimana jadinya kalu gua yang jadi tu cewek...kan mikirnya gua dulu, alah tu cewek kan belum tentu juga demen sama gua...jadi gag usah ribet lah...pasang jangkar di tempat lain aja...supaya belajarnya lebih cepet.. (gitu..naif kagak bro...parah banget tu)

tapi ada peristiwa bro...pas gua bangun usaha bisnis lagi bro...usaha jual daging ikan kualitas ekspor bro...anggotanya sahabat-sahabat mulai SMP...loe tau bro???gua pikir usaha ini bakal sip!!coz krunya kan sohib2 gua mulai dulu...pasti bisa saling mengerti...ternyata bro!!

Beda!!karena ternyata hampir semua dari kita ni bro...belum mateng dalam ngepahamin apa itu the art of fullfilling promise...mangkir mulu...alesan skripsi dll...padahal kita dah komitmen...ni usaha tu buat cari uang!!buat cari makan...kagak nunggu lulus baru cari makan!!ceritanye..gua kan pengen dagang islami bro...dua sohib gua, kagak begitu perhatian ama begituan...jadi gua ajak sohib kita juga yang laen..yang ikhwah...

Seiring berjalannya waktu...kita sering tu rapat2 bro..sohib gua yang dari surabaya..ampe bela2in ke malang cuma buat rapat...ninggal matakuliah2nye yang udah fase co ass...KOMITMEN kita bro...tapi tu komitmen nyatenye cuma bertahan 2 bulan bro...kita banyak kress bro di tiap rapat...singkatnya...kita tengkar..sohib mulai SMP dah gag keliatan bro gara2 bisnis bro...yang bikin gara2 pertama ni yang ikhwah bro...gua sebagai sohib yang paling deket ya jelas ngebelain dia bro...tapi kok dibelain terus-terusan sikapnye sama persis kayak gua...seolah kagak berubah!!meski dia katenye udah usaha tu...

Gua terus belain dia...di tiap rapat...dia kagak pernah dateng...alesannya macem2...padahal dia yang dulu bikin target!!time schedule!!dsb!!ekonomi dia bro...lebih paham...ternyata dia non aktif dan temen2 daha pada panas...gua masiii juga nungguin dia...gua ngerasa posisinya seperti posisi gua waktu sama cewek yang gua demen bro...sama-sama lagi usaha berubah...tapi semakin lama dibelain...seolah gua yang semakin jadi tumbal...dia seolah gag ngerasa kalu sedang diperjuangkan nama baiknya...janji dia bikin2 dewe...kita yang nyesuaikan...dia yang malah kagak bisa sendiri...aneh to???

Meleset semua kata2 mutiara dan janji2nya...saat itu gua ngerasa seolah jadi korban ketidakkonsistenan janji dan korban pembelajaran untuk berubah...mungkin itu juga yang dirasain cewek yang gua demen sampe sekarang...dari situ gua bener-bener paham..gimana perasaan orang yang kudu terus-terusan ngasih maaf meski tu orang cuma bisa minta maaf doank...emang tulus...emang serius...tapi kagak berubah...

Akirnya gua sadar bro...the art of fullfiling promise...dan gua nyadar bro...kalu tu cewek inshaAllah emang yang terbaik dari yang lain-lain yang gua anggep baek...meski gua tau jelek2nya...dan ada hal yang gag gua seneng dari dia...tapi gimana lah bro...gua juga cacatnya banyak...anak orang pas pasan lagi...bismilah aja bro...yang penting ikhtiar jalan terus...niat bener...kalu Allah dah ngomong A...Kun FayaKun Dah...oke...sambung lain kali dah bro...the Art of Fullfilling promise...

Melancholic Phase
Penulis adalah Mahasiswa Ners UB yang menjadi orang lain ketika cerita hal yang
"aneh" baginya...
IKATLAH ILMU DENGAN PENA

0 komentar:

Posting Komentar