RAINY DAY

Hujan...mungkin itu judul yang seharusnya gua pake buat tulisan gua kali ini alih-alih kata “RAINY DAY”...hujan...ya...hari ini hujan mengguyur deras kagag kunjung berhenti...akhir-akhir ini tiap sore hujan selalu menghampiri...kagag perlu di intro pake rintik-rintik duluan...suddenly langsung BYORRR... mungkin akibat dari fenomena super moon akhir-akhir ini...apa hubungannyaa???...hari ini...Selepas dari praktikum pembidaian di lab...gag kerasa gua malah menghabiskan 2 jam masa muda gua dengan latihan nge-English ama para kuntilanak kelas gua...sambil nggempor di lantai satu GM FKUB...kita nggacor, mersiapin materi buat ngobrol ama calon temen baru S2 kita dari LIBIA (hah??libia??s2??hadu kelayapan apa lagi ni...)...Biar kata, FKUB keknya udah bukan BAITI JANNATI buat para 2007...tapi biar begitu, sepertinya kita kagak punya pilian lain kecuali tetep kekeuh mempertahankan tempat bernaung kita meski hanya untuk beberapa bulan kedepan ampe kita diusir ke rumah sakit panti nirmala...haha...

Jam satu kita bubar latihan...menyisakan perut yang lapar...sambil nahan tu perut, gua melangkah dengan pasti hingga akhirnya gua berpapasan ama si “cantik” yang lagi ngerapatin apaannya gitu sepulang dari pre DI nya (what??si cantik???who’s that???peace...) kontan laparnya ni perut gua langsung berganti ama rasa CENAT CENUT...hoho, becanda...hingga sampe saat itu ni kisah masih bau-bau romantis...tapi detik kemudian suasana pun berganti, coz sms baru dari Efriko mengatakan “eh...tolong sosol aku yo ngga, ndik terminal...jam 5an”...hadee...sekarang masih jam 1 kurang 10...minta dijemputnya jam 5...jam 1 ada janji ama sugenk buat ngurusi toko ikan...jam 3 ada janji sama arga, janji yang kemarennya disepakati jam 12 buat mbahas scholarship ke america (molor euy...hikshiks tok deh)...mana kantong gua kempes lagi, bensin juga abis, hape low bat, kampus dah sepi 07 (07 dah terdepak dari kampus!!TUWIR!!)...kontrakan dah jauh gag kayak dulu!!uang juga baru turun jam 3 entar!!WOW...dilema nih...alhasil gua kudu nggeje kelaparan kesepian antara jam 2 sampe jam 3...terus nggeje lagi sampe jam 5...BARU BISA MENIKMATI BAITI JANNATI!!DAN KAU TAU SAUDARA...hujan telah deras kagag mau berhenti semenjak latihan english bubaran...SUBHANALLAH!!

Singkat cerita jam lima pun datang...hujan masih kagak mau ngalah...nekat aja gua tantang tu ujan...dan serunya...GUA KAGAK BAWA MANTELL...ampuun dah...balik ke kontrakan buat ambil mantel kejauhan...mbalik ke musola buat minjem mantel dah tengsin...malu ama umur, dah tua masih riwa riwi ae, toh juga hujan deres...mau sms riko juga hape wes mati...melas entar lek dia nunggu nggembel di terminal...motornya gua pake se soalnya...

Melawan hujan gua tetep berangkat berharap hujan segera reda...meski tampaknya harapan ini belum berbuah manis...sepanjang jalan ujan semakin deras PAK DHE!!...sesampainya di terminal dah setengah enem...hadee...tak disangka...begitu hape gua gua paksa nyala...ehhh bunyi sms yang indah masuk...bunyinya ”wado ngga!!...sik adoooh reek bis’e...mau udan soale...enteni setengah jam’an maneh yo...sepurane..”...DIENK!!!krik krik krik...saat itu air telah membasahi seluruh hati dan jeroan gua!!alias KEMBES!!tas juga kagak luput ama kekembesan itu...kayak habis kecemplung sumur gua...buasah semua...kacamata udah ulap semua...dingin...coz lemak gua emang cuman lemak coklat semua!!

Males ngerelain uang buat markir motor...gua milih nunggu dibawah fly over (GILA!!melasss reeekk...sebuah idealisme kekeuh karena gag mau ngebayar orang yang kerjanya narik uang gag jelas...BAYANGIN!!tu motor, gua parkir di depan mata gua...gua Cuma berjarak 5 langkah dari motor gua coz gua harus berteduh ke genteng terminal...masa gua kudu bayar ke tukang parkir yang tugasnya ngejaga motor gua??kan gua sendiri yang ngejaga...beside, parkiran depan terminal itu kan itungannya free kalo gag hujan...pintar sekali mengambil kesempatan buat makan gaji buta...sebenernya se ni bukan masalah nominalnya...tapi harga diri gua...seolah-olah gua mau-mau aja dipalak orang...). Nungguin di Fly over buat gua adalah yang pertama kali...rasanya aneh!!depan gua rel kereta api lagi, plus perempatan lampu polisi...saking lamanya nunggu...sampe gua di lewatin kereta 2 kali...kereta pertamina ama kereta matarmaja...ama empat fase lampu ijo merah berkelip kelip membuat motor ngumpul terus melaju masal lagi...beuhh...bahkan sampe gua tinggal makan bakso di bawah fly over ni ujan masiiih aja kagak mau ngalah...si efriko dah dateng ama belum gua juga kagak tau dah...wong hape gua mati....

Berbekal spekulasi akhirnya gua berangkat lagi ke terminal...meski ujan sekarang dah berubah dari tetesan air seukuran biji salak ke ukuran biji jagung...sesampainya di terminal...idealisme gua rontok...gua milih markir aja tu motor...coz si riko kagag kunjung dateng juga meski sekarang dah jam setengah 7...jam gawat dimana gua masih juga belum sholat maghrib!!hadeee...ampuunn bosss akhirat...

Sambil nahan dingin yang semakin wow wow...gua nunggu geje di depan terminal...subhanallahnya...pemandangan depan terminal ini bagi gua sungguh luar biasa...sebuah kenyataan kehidupan yang keras...kepulan asap rokok dimana-mana...teriakan lelaki ganas menggema dimana-mana...canda tawa tukang jual tiket ikut memenuhi suasana urakan di terminal...di sudut samping gang masuk, berjongkok seorang tua yang buta sambil ngemainin organ yang diberdirikan...berdentum-dentum cepat alunan musiknya, bergaya ala pesta dansa eropa...matanya yang tetap terpejam sanggup meraba tuts tuts yang awalnya gua pikir Cuma kamuflase belaka (lipsing!!lagunya bagus pol bagi seorang yang main organ tanpa melihat tutsnya, apalagi diposisikan berdiri kayak orang lagi main gitar sambil jongkok)...lama gua mengamatinya ternyata memang itu nyata...bukan Cuma sekedar kamuflase...tutsnya seringkali juga salah pencet sehingga irama organnya jadi sedikit kacau...luar biasa...ini hanya untuk sesuap nasi...jauh didepan sana...berlarian anak-anak muda seusia sma membawa payung yang langsung dipayungkan pada setiap mobil yang berhenti dan memuntahkan penumpangnya...ini juga hanya untuk sesuap nasi...di samping samping gua berkebul asap rokok dari para sopir taksi yang penampilannya dah kagag kerawat...kayaknya juga sepi penumpang semenjak tadi pagi...taksi sebanyak itu hanya diam kagag ngangkut penumpang...di tengah jalan menuju peron berkumpul pemuda-pemuda yang usianya mungkin Cuma 2 tahun diatas gua...rame menawarkan karcis trip ke bali, ngomongnya deket banget... sampe sampe mukanya seperti menempel ke setiap calon customer yang ditemuinya...ini juga hanya untuk sesuap nasi...selain itu, tentu saja...penjaga parkir yang tadinya gua kutuk kutuk itu, saat ini sedang berdiri kehujanan di latar depan terminal sambil ngebawa satu payung motif bunga kecil buat narikin uang para pelanggannya...yang, ini juga untuk sesuap nasi...

Perenungan sejenak ini kemudian disentak oleh tas pakaian besar warna ijo...yups...si gembel ini dah sampe...alhasil, gua akhirnya pulang ke BAITI JANNATI sambil membawa memori dari terminal itu...fiuhhh...mungkin sebaiknya kita keras sama kita sebelum kenyataan yang akan benar-benar keras kepada kita...

Penulis adalah mahasiswa NERS yang NATO “Not Afraid Talk Optimistic”

Melancholis Phase

IKATLAH MAKNA DENGAN CERITA

0 komentar:

Posting Komentar