KORBAN FILM INDIA

Kata orang bangsa kita tu bangsa yang mudah kemakan iklan...alias bangsa konsumtor nan korban iklan...Haha...kalu emang gitu bunyinya...in fact, i am one of them as well...coz...bulan ini gua bener-bener kepengaruh ama film yang judulnya Taare Zameen Par...India bro...hhuahaha...jarang-jarang gua liat film bernuansa khas inspektur ni...(jaman gua pas TK...Embah gua sukanya nonton india tuh...dan yang gua inget di memori gua yang emang diciptakan dengan kapabilitas super ini...haha...muesti ceritanya...ada orang pacaran...terus tu julietnya diculik penjahat...sang romeo lalu membabi buta menyelamatkan sang juliet dari sang penjahat...lha pas penjahat dah gempor dihajar sang romeo, baru Inspekturnya dateng...alias inspektur kesiangan...inspekturnya tu namanya rata-rata vijay!!!mungkin inspektur di india sana bergelar vijay kali ya...makanya namanya sama...Vijay semua!!!..hahaha). Beda sama film india yang gua acungin juempoll poll polan kayak My name is Khan...Three Idiot...ato Slumdog Millionaire...Taaree zamen par ini filmnya puanjanggg...tiga jam ampiran...

Yang berbeda ntu gag hanya lamanya...gag penting lama ato bentarnya pilem...yang jelas ya CONTAINNYA!!!...LUAR BIASA!!...sang lakon utama (cowok ganteng yang jadi lakon utama di 3 idiot juga...yang jadi ranchoo..) bener-bener ngasih inspirasi yang luar biasa tentang apa itu keikhlasan...kreativitas...keyakinan...kasih sayang dan idealisme...gua kayak orang homo kesengsem sama karakternya tu orang...(ceritanya dia jadi guru anak cacad mental yang dipindah ke sekolah boarding...semacam sekolah pondok lah...). Gayanya kuerenn...energic...ceria...dan antusias. Rada liar...masa ngajar anak SD pakaiannya kayak di Mall...gag standar Anatomi banget pokoke...tapi cara berpikirnya bener-bener penuh emphatik ke anak-anak kecil yang kesusahan meraih prestasi...kata cewek se...dia ganteng...seksi...pinter nyanyi...dan sifat2 mulia lainnya dalam mengajar...(gua harusss usaha keras sepaya kayak abang iniiiiii.....!!!emang kueren)

Film ini bercerita tentang fakta...kalau didunia ini...yang berbeda selalu dianggap bodoh...padahal mereka hanya butuh sentuhan pengajaran yang berbeda...salah satu kelainan itu biasa disebut disleksia...ketidakmampuan untuk membaca huruf...membedakan kecepatan dan jarak...lintasan bola dsb...tapi kompensasinya Allah kasih penderita ini daya imaginasi (right brain) dan kreatifitas yang jauh diatas anak-anak seusianya...singkat cerita, anak kecil yang menderita disleksia ini digambarkan sangat menderita karena sistem pendidikan yang selalu mempersalahkan siswa kalau nilai mereka buruk...apa-apa dinilai dari nilai dan semua hal yang tertulis dimana standarnya hanyalah IQ!!SOMETHING SO SHITTY!! (dalam buku learning revolution yang gua baca...standarisasi kemampuan siswa berdasar IQ semata merupakan Tragedi Bencana pendidikan terbesar abad 21 ini!!!)...membuat kemampuan dan bakat sang anak dalam berimaginasi kehilangan tempat...tergantikan dengan kelemahan yang selalu mendapat sorotan utama...IQ rendah..kemampuan matematika lemah...kemampuan baca tulis parah...akhirnya istilah yang paling pantas bagi penderita ini adalah KING OF MORON!!!!(GuA pualing BUENCI dengan istilah GOBLOK (MORON!!)...andai kata itu bisa dibunuh...GUA MAU BUNUH TU KATA!!!!)

Setiap hari anak ini dapet masalah...sekolah...rumah...kampung...dihina...dihina...dihina...dihina...TERUSSSS!!!Sang ayah yang Perfeksionis dan KOLERIS!!bisanya Cuma menuntut anak untuk bisa menyamai kakaknya yang selalu menjadi juara satu di SEMUA BIDANG...Olahraga...bahasa...sains...SEMUA!!Cuma ibunya yang setia menyayangi si anak yang dipanggil ishaannn ini...hingga suatu ketika sang anak dipindahkan ayahnya ke sekolah boarding...memisahkan sang anak dengan ibunya...sungguh tragis nasibnya di sekolah boarding itu...karena sistemnya menginap...jangankan mendapat perbaikan sebagaimana yang diharapkan ayahnya...hanya hinaan yang bertambah-tambah yang dia terima...24 jam...tanpa ada orang yang bisa diajak bicara...tak ada yang memahami dirinya lagi...sendirian...terhinakan....dan being nothing...without anything...hanya tangis dan dendam yang membuatnya lega...hingga akhirnya datanglah sang guru tadi...disitulah titik tolak kehidupannya berubah...

Gua sangat terkesan sama scene-scene yang ditampilkan sutradara Aaamir Khan itu...suatu ketika setelah penghinaan yang luar biasa...muncul scene musik sebagaimana film india lumrahnya...tapi dalam scene ini digambarkan ketakutan sang anak terhadap tulisan hingga menjelma jadi tarantula2...tarantula yang badannya berbentuk angka dan huruf yang berwarna kuning...bergerombol menjijikkan mengepung dirinya yang semakin stresss!!sangat kreatif dan imaginatif penggambarannya!!!bikin gua ikut merinding ngebayangin misal gua jadi ishaannya...

Gag habis disitu...dalam ni pilem...ada kalimat yang bikin gua hampir nangis...jeritan anak-anak yang ingin dimengerti...”LET ME IN...WITHOUT A SHOUT...LET ME IN, I HAVE A DOUBT...THERE ARE MORE...MANY MANY MANY MORE LIKE ME...” jugs jeritan anak-anak yang berusaha keras untuk bisa seperti orang normal lainnya...”OPEN EYED HOW I RUN...HOW I RUN..TO THE OTHER SIDE...THEN I GLIDE LIKE A BIRD...I JUST WANT TO BE..”...HIKS HIKS...gua jadi inget masa SD gua...Bukannya gembeng...tapi gua sampe batas ini udah meler...gag kuat nahan...

Di akhir film ada sebuah lyric yang mengingatkan gua tentang apa itu destiny...apa itu worth of living as a human...

“Why are you so worried...You Are a guest at nature’s behest...The world has made...just for you...Discover your self...know who you are...You are the sun...radiate light...You are the river...don’t you know?...Flow on...fly high...You’ll find your purpose when you find your happiness”

SUMPAH!!gua bener-bener korban ni pilem...obsesi gua buat jadi ayah yang terbaik tiba-tiba menggelegak...bikin badan gua kepanasan...dan pengen nuangis sejadi-jadinya...dasar cengeng...hahah~...huahiks hiks...sori bro, bener2 kena gua...pilem ini nembak ke ulu ati gua...hiks hiks...

Ada kalimat yang inshaALLAH gag bakal bisa gua lupain lagi bro...suatu kali...ayah ishaan ketemu sama guru ganteng buat bilang kalu dia dah paham apa itu disleksia lewat searching di internet...jauh-jauh dia ke sekolah boarding itu Cuma buat sampekan itu...buat nunjukin kalu si ayah “peduli”...lalu si guru ganteng bilang gini pas sang ayah pamit...

“Mr Avasthi...apakah istri anda sudah baca tentang SOLOMON ISLAND di Internet??”
“Nehi...”
“Di Solomon island...ketika orang ingin membuka lahan persawahan...mereka tidak menebang pohon...mereka akan mengelilingi pohon-pohon itu...terus mencaci...menyumpahinya...dan mengutuknya...terus...hingga hari demi berhari berselang...lama kemudian...pohon itu akan layu...DAN MATI DENGAN SENDIRINYA...!!”...

PENULIS ADALAH MAHASISWA NERS UB YANG NATO “NOT AFRAID TALK OPTIMISTIC”
IKATLAH MAKNA DENGAN CERITA

0 komentar:

Posting Komentar