CERITA PROFESI (LIDAH TAK BERTUAN)

Sore yang mendung menakdirkan gua bermalam di mushola tercinta...dialog demi dialog bersama penghuni mushola lama pun bergulir...tak sadar kami terjebak dalam sebuah topik pemacu munculnya pembesaran neuron...perdebatan cukup sengit tapi sopan pun dimulai...hingga muncullah banyak ajakan yang seringkali gua bales ama “satu=insyaAllah ya kalu sempat, soalnya blablabla...dua=iya, nanti kalu ada waktu. Gara gara ini lagi banyak blablabla...,tiga=oke!! ntar lek aku iso ya, lek sekarang sik blablabla...empat=wah kalu waktu waktu sekarang keknya aku sik gag iso pak...lha masalahe blablabla...dll”...lantas pertanyaan dahsyat pun ditembakkan...

“mas, pean mantan aktivis kampus ya?”

“hm...iya dulu, sempat maen2 sebentar...”

“ikut macem2 lembaga ya...?”

“hmm...lumayan”(hidung mekrok sebesar kelereng gajah..).

“Posisinya penting ya?”

“hmm...biasa se...”(kedengaran krak krak helm mau pecah akibat pembesaran kepala)

“Hmmm...”

“kenapa pak?”

(sambil senyum lepas...) “ah gapapa mas...kok pantesan pean KAKEAN ALASAN...” (tampangnya innocent)

“heghhh!!..(keselek lidah sendiri!!...)”

.........................................................................................................................................................................

Di suatu pagi gua kedapetan jaga pagi di RS daerah rujukan (ruang bedah meen)...dah hampir seminggu gua menjalankan sebuah pengabdian kepada nusa dan bangsa memberantas angkara murka di bumi indonesia tercinta...tanpa keluh kesah atau pun sekedar menghela napas panjang...(suangar duabruuusssszzzzee!!!)

seperti biasa...gua susuri trotoar sepanjang jalan RS-kos kosan...menunduk...klemar klemer...seolah lagi nyariin duit jatoh di jalan...dalam pikiran dah beribu kali keputer lagunya si michael bubble yang berjudul HOME...

warung satu warung dua warung tiga...sampailah ke mulut RS destination...dan singkat cerita gua dah sampe ke tu ruangan tujuan...tas ditaruh, jaket dilepas...kaki pun melangkah mencari kerjaan...belum selesai keluar masuk ruangan pasien kelolaan...terdengarlah suara sang idola menggelegar...

“MAS!!”

“Iya pak?”

“sampean kemaren dateng jam berapa?”

“ha?(lupa...yang jelas telat!!)...jam dua pak (ragu2)...(kalimat terdesak seorang mahasiswa yang mencari jalan aman...)”

”wess...gag mungkin!!kene lungguh kene...”(nah loe...kena deh gua...)

“sampean iku, kudu gentle!!jam dua jam dua!!wong kemaren saya pulang masih liat sampean jalan lelet di trotoar!!

“(nah loe)...”

“jam brapa sampean disini?”

“(ampuunn boss saya kagag liat jam!!...sumpe lupa, tapi gua berusaha kagag bo’ong plus berusaha membelea diri...masalahnya gua lupa!!) seingat saya jam dua pak...”

“temenan koe??lek guoroh tak dungakno temenan sampean muleh gag slamet koe!!”

(wappaaaaaaa...ini!!)iya pak ndak papa (sambil menatap wajah sang idola----dalam hati----pasrah deh...Allah tau gua berusaha sebaik mungkin gag bohong tapi yo gag setor nyawa!!)...”

“loeh!!NANTANG KOE???HAH??”

“(MMAKKK...salah apppaa gua...)”

“IYO??NANTANG KOE??IKU JENENGE NANTANG!!Koe iku wingi teko kene jam setengah telu...ngerti koen...”

“(haaaa???masaaaa kok beliau tau gua disini jam setengah tiga??wong kegiatan aja juga belum dimulai...perawat PPnya yang satunya aja juga belum datang...pak gua emag telat...tapi bukan berarti setengah jam kek bapak bilaaanngg...)”

“lek gag niat wes muleh ae awakmu iku...!!opo karepmu iku”

“(waduh...gara2 ngarang bilang jam dua!!sekarang malah panjang kali lebar kali tinggi!!gag mungkin bilang “eh iya dink, gua masuk jam setengah tiga..”---gua bakal mengakui apa yang gag gua perbuat...)

“saiki opo karepmu???”

“.....kalu memang saya salah dimata bapak...yaa saya mohon maaf pak...”(kalimat diplomatis yang mengambang...berharap gua dihukum tanpa gua mengakui kalu gua menyepakati tuduhan beliau...)

“loh???woppo maksudmu???omongan oppo iku baji***n awakmu iku”

“(hegh????!!!kalimat mutiara...)”

“jangan memutar balikkan fakta kamu!!...wes kamu saya laporkan ke diklat!!besok kamu ngulang!!!”

“Hegh!!(ketelen lidah sendiri...)”

(TULISAN INI DIPERSEMBAHKAN UNTUK KAWAN2 SEPERJUANGAN PROFESI...DISEMPROT ITU BISA JADI CERITA LUCU!!!)

0 komentar:

Posting Komentar