CUMA BERCANDA

Becanda...mungkin suatu kata yang diidentikkan ama hal yang menyenangkan dan bewarna...tapi apa jadinya kalu semua dilakukan tidak pada proporsinya...kebanyakan becanda...dan selalu becanda...gag cuma often tapi dah jadi always??

Menjadi orang yang terlalu menampakkan kewibaannya bagi gua akan sangat melelahkan...meski segi positifnya image loe bakal terus terjaga...omongan loe akan terjaga juga keterpercayaannya...tapi kita cuma manusia...yang butuh wadah dan kumpulan yang bisa bikin kita rehat sejenak dengan melepas peran...identitas dan segala tanggung jawab sosial yang ada...kita butuh becanda...menjadi makhluk yang dalam state sangat tidak berkredibilitas dan seolah tak berkapabilitas sama sekali...becanda...tak bisa dinafikan kita butuh itu...bukan berarti itu membuang kapasitas ato "jati diri" kita sebenarnya...becanda...hanya sebuah pelamtiasan kepenatan...wajah kita yang sebenarnya saat memang tak berbeban...

namun, kebanyakan becanda juga kagak baek...aktivitas yang seharusnya hanya sekejab...menjadi aktivitas dominan yang akhirnya mendominasi hari-hari kita...merusak kredibilitas secara permanen...bahkan mengubah jiwa yang tangguh menjadi kerdil karena selalu tak serius...tak ada wibawa...yang ujung-ujungnya akan membantai karakter yang telah lama kita asah...menyisakan jiwa-jiwa pengecut yang hanya bisa tertawa dan tertawa...

Yups...gua punya cerita nih bro...kejadian yang kebetulan gua alami gara-gara kebanyakan becanda...everybody knows that this kind of activity can make us relaxed and forget about all of burden we have for a while...yups...becanda untuk melepas penat dan membuang tekanan sosial yang ada...

gua punya sahabat...yang selalu konyol dan membuat orang tak bisa untuk tidak tertawa...setiap gua ketemu dia...pasti gua ketawa gila-gilaan...entah dalam keadaan sumpek...ato tertekan...entah kenapa gua kagag bisa badmood kalu ketemu tu makhluk Allah...sampe heran gua...seumur-umur...kalu gua badmood...pasti orang-orang disekitar gua pada jaga jarak bentar...termasuk emak gua...jaga jaraknya dengan tidak banyak mengajak bicara yang tidak penting...kecuali komunikasi emphati kayak yang selalu dilakuin emak gua...

Beda dengan sahabat gua yang satu ini...ckckck...singkat cerita...kebiasaan kita yang mesti becanda dan kagak serius lama kelamaan dah mendarah daging...sampe suatu ketika kita dah kagag mampu lagi ngebedain mana yang ucapan serius mana yang cuma sekedar becanda...coz auranya sama...keliatannya becanda...larangan mengintip privasi pun terlanggar dan akhirnya...BOOM!!...as you thougt...yups...percikan conflict pun menyala...meski kejahatan pengintipan privasi ini dilakukan secara berjamaah...tetep aja gua ngerasa sungkan...coz, baru kali ini gua liat sahabat gua ini muntab..."wah...ternyata ni orang bisa marah juga!!" batin gua...

dan anehnya lagi...proses minta maaf kita pun juga seperti kayak becanda...meski sahabat gua tu dah bener-bener marah beneran...waduuu...complicated nih...(beda banget kayak pas gua bikin muntab cewek...repot...hehe...dah pengalaman bikin muntab segala jenis makhluk kayaknya gua...^-^V)

Peristiwa ini bikin gua lebih bisa memahami hadis yang dulunya bikin gua cuma mengangkat sebelah alis...Yang bunyinya..."Janganlah kalian banyak tertawa, karena banyak tertawa akan mematikan hati.” (HR. At-Tirmizi no. 2227, Ibnu Majah no. 4183, dan dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 7435)

Terlepas dari ilmu tafsir yang ada tentang hadis ini...gua cuma pingin bilang...ternyata emang banyak tertawa itu kurang baik...terutama kalu di sembarang tempat...apalagi di tempat-tempat yang penuh dengan adik kelas yang sejatinya akan menilai dan meniru kita...alhasil...pemikiran SEJATI kita seringkali juga akan tertutupi oleh kebiasaan kita dalam kebanyakan becanda...kredibilitas turun...ucapan dah kagag punya power...akhirnya, sekalipun pemikiran kita tajam dan solutif...seringkali tak lagi dianggep sebagai sesuatu yang berharga lagi...karena keluar dari pemikiran orang yang "kayak gini??...nada meremehkan sambil angkat alis"(ekspresi tidak percaya dari anak yang baru yang dah kagag percaya)...

Becanda itu penting and everybody does...yang penting gag kelewatan...gag kebanyakan...mau tidak mau kita akan menjadi tua dan bertanggung jawab untuk menjadi teladan yang layak dicontoh...teladan-teladan yang pemikirannya layak diikuti...semuanya butuh kredibilitas...dan kredibilitas itu dibangun dengan kemampuan...dan pengendalian diri dalam bercanda...Ing NGARSO sung TULODHO...Ing MADYA mangun KARSO...tut WURI handayani...sepakat???wallahualam

Choleric Phase
Penulis adalah Mahasiswa Ners FKUB yang NATO "Not Afraid Talk Optimistic" IKATLAH MAKNA DENGAN CERITA

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus