Lucunya LINGKUNGANKU...

Kemaren...gua sempet baca statusnya temen gua...si Zaki...anak ITS yang "sanad" keturunannya udah kagak jelas entah arab, prancis, belanda ato jawa...coz semua darah tu RAS nempel semua di sisisilah keluarganya...hahaha...

Dia bilang kek gini "ada anak BAND gaya...dihina...ada anak gaya...dihina...kenapa sih masyarakat negara ini suka banget ngehina orang???" yah mungkin kek gitu lah singkatnya...(gua versikan sendiri hoho). Sontak gua langsung nge LIKE THIS BANGET!!!...bukannya gua termasuk salah seorang makhluk yang jadi korban penghinaan makhluk indonesia lantaran banyak gaya....tapi sejak lama ada sebuah keganjilan di negeri kita perihal kebiasaan orang-orangnya...

Contoh...tadi pagi nih...pukul 09.00 WIB pas gua lagi kuliah...ada cerita lucu...kebetulan mata kuliahnya tu mata kuliah "X"...dosennya asekk sih...keliatan pinter ngomong...and nguasain banget materinya...suka bercanda juga beliaunya...lah...suatu ketika...dah jadi kebiasaan orok kelas gua nih, kalu diterangin anak-anaknya ya pada diem...anteng...manis manis gitu...persis kondisinya pas waktu ditanya dosen "ada yang perlu didiskusikan???"...SAMA ANTENGNYA!!!hahaha...termasuk gua nih...wes muales aktif di kelas tu...gua ngerasanya dah worthless...ngerasa kelas tu dah gag sip buat sekedar diskusi aja...ndang ngaleh...(salah ni...gag boleh ditiru...haha)

Tapi hari ini...ada temen-temen yang duduknya didepan yang mencoba untuk aktif...begitu dosen ngetest sesuatu...mereka langsung jawab...begitu dosen bilang "ada yang perlu didiskusikan??"...mereka langsung tanya...ANEHNYA ADALAH...pas mereka mencoba menjawab ato bertanya...LHA KOK...malah dibuat maenan sama semua orang disana...entah dosen ato temen-temennya sendiri...pas dosennya ngetest materi-materi yang lalu...sontak satu kelas diem...begitu ada temen yang jawab didepan...ehhh malah diplesetin...emang se jawabannya kurang tepat...tapi kok yo...bukannya diberi pujian karena dah mau ngejawab...malah di plesetin jadi guyonan...yang bikin malu lagi...si temen2 yang tadinya kagak ikut jawab coz emang mungkin DODONG...ehhh...ikut-ikutan ngetawain...serentak lagi...beuhhh...gua yang akhir2 ni sering nelen buku-buku psikologi kepribadian kadang cuma, yaahhh...heran aja...meski gua kadang juga ikutan ketawa...tapi ketawanya tu bukan ngetawain jawaban temen gua...tapi dosennya yang emang ngelawak...

Dalam sebuah buku berjudul "melawan pikiran negatif" yang akhir-akhir ini gua baca...ada istilah keren mengenai fenomena diatas...Character Genocide!!!...Pembantaian karakter rame-rame...Yupz!!coba bayangin...gimana negara ini bisa gedhe dan SDM nya TOP kalu mereka selalu dimatikan karakternya...pembunuhnya bukan orang terhormat lagi...(kalu dibunuh sama orang yang emang ahli dibidang yang kita diketawain se...ya sik legowo...tapi lek yang ngetawain itu sebenere juga sama kagak entos nya???beuhhhh...sakiiit kadang-kadang...)

Kebiasaan kayak gini juga yang seringkali ngalangin gua ngebentuk suatu komunitas unggulan...komunitas yang orang-orangnya gag cuma ngandalin kurikulum ato sistem buatan orang-orang kampus...tapi kritis and solutif dalam ngebangun masa depannya secara mandiri...kaya nge english...baru bicara bentar aja pake english...ehhh dah diketawain (dulu pas baru belajar...)...pas kita dah lancar...terus sering make tu english...ehhh...dianggep metuek...capek deh!!negaraku ini...kampungan banget pemikirannya...Belum lagi kalu mereka ngedengerin impian orang-orang idealis kayak kita...beuhhh....pasti dicibir...dibilang sok lah...arogan lah...ambisius lah...KATROK...orang luar dah pada husnuzon ama masa depannya ndiri meski mereka kagak tau konsep doa dan keyakinan...ehhh...sini yang getol diajarin manfaat doa...tawakkal ama diyakinkan tentang kuasa Allah malah BANCI...bisae matiin karakter orang...Semoga kita dan lingkungan ini segera membaik...coz...siapapun itu...dia pasti diciptain dengan potensi yang luar biasa...jadi jangan mati cuma karena penilaian orang atau kumpulan orang...kita lebih hebat dari hinaan mereka inshaa Allah...

Choleric Phase
Penulis adalah mahasiswa NERS yang NATO "Not Afraid Talk Optimistic"
IKATLAH MAKNA DENGAN CERITA

0 komentar:

Posting Komentar